Bagi para pemilik motor matic injeksi, membersihkan cvt adalah hal yg wajib n dianggap vital, karena klu bagian ini gak dibersihin, akan berpengaruh pada performa n akselerasi motor.

Klu sektor cvt dah bersih, maka performa n akselerasi motor akan kembali enteng n joss gandosss…

Masalah timbul….. kok kenapa yah, cvt dah bersih, tapi performa motor msh terasa berat n top speed gak maksimal seperti biasanya.. dah gitu, kadang saat jln lambat tiba2 mesin motor mati dgn sendiri, baut idle (langsam) dah diputer ke kiri maupun ke kanan, besarnya idle msh segitu2 aja ???

nah ini dia….

Banyak yg gak ngerti alias gak paham, bahwa selain cvt harus rutin dibersihkan, juga ada 1 part penting lainnya yg juga harus rutin dibersihkan, yaitu Throttle Body (TB)…

Ini penampakan dari intake (bagian dari tb) bagi yg belum tau…

image

Bagi pemula, n gak ngerti bongkar2 mesin, yg ingin membersikan tb nya, disarankan untuk membawanya ke bengkel yg ngerti n dah biasa bongkar serta bersih2 tb..

Membersihkan tb bukan suatu hal yg mudah, karena ada beberapa sensor dr ecu yg nempel di tb, harus dilepasin dulu seblm tb nya dilepas dr mesin untuk kemudian dibersihkan..

image

Saringan udara ori pabrikan maupun after market yg paling mahal n kualitasnya paling bagus sekalipun, gak menjamin tb akan aman.. karena walau bagaimanapun debu2 halus akan tetap masuk bersama udara yg tersedot ke dalam ruang bakar, melalui tb..

Nah… partikel2 debu halus itulah yg kemudian lama kelamaan menumpuk n menyumbat.. seperti kita ketahui, debu bukan benda yg bisa terbakar..

Klu tb kotor maka akan berakibat asupan udara ke ruang bakar akan menjadi kurang atau terhambat, maka gak heran performa motor menjadi menurun..

Sebagai penutup, ane kasih bonus foto keren, kondisi tb setelah pemakaian 25rb km…. wauuuu….

image

image

Keren khan tb nya…. 😀