Seperti diketahui, saat ini sedang ramai di kalangan pemilik Vario 125 mengupgrade cvt motor kesayangannya dengan mengaplikasi part2 cvt PCX, baik PCX 125 maupun PCX 150, untuk mendongkrak performa varionya, seperti pulley depan (face comp n face drive), per cvt, per sentri, air intake dll..

Sungguh suatu keberuntungan buat ane, karena ane mendapatkan hibah beberapa part cvt All New PCX 2014 langsung dari Thailand, berupa pulley depan, vbelt n per cvt.
Seperti diketahui, motor ini baru saja dilaunching di Indonesia oleh AHM pada tgl 1 Juli 2014 lalu,…  masih anget yak..


Ketiga part tersebut ternyata memiliki perbedaan2 bentuk dari part pcx sebelumnya..
Yuk kita lihat n bandingkan wujudnya satu persatu..

1.Pulley depan (face comp n face drive)
wpid-photogrid_1409016624284.jpgwpid-photogrid_1407519793835.jpg
Di sini bisa kita lihat bentuk pinggiran sisi luar got roller berubah bulat, dari sebelumnya yg mirip segi 6, juga ada seal karet pada lubang bos nya..

wpid-photogrid_1409013274666.jpgwpid-photogrid_1409014099866.jpg
Pada driven pulley juga ada perubahan, bila sebelumnya ada sejumlah 16 bilah sirip, sekarang menjadi 12 bilah sirip, dengan bentuk lebih panjang n sedikit lebih tinggi..

2. Per CVT

wpid-img_20140808_171707.jpg
Wujud per CVT pun ikut berbeda, sekarang lebih pendek sekitar 1 cm n diameter besi sedikit lebih tebal, namun dengan ulir tetap sama..

3. VBelt

wpid-img_20140808_163814.jpgwpid-img_20140808_163921.jpg

Nah.. ini perubahan paling fenomenal yang dilakukan oleh para insinyur Honda.
Bila sebelumnya vbelt hanya mempunyai gigi di bagian dalamnya, sekarang sisi luarpun ada giginya dengan bentuk lebih kecil n pendek.
Hmmm… kayanya layak dijuluki vbelt doubkle teeth.. 😀

Demikian perbedaan2nya, nti akan ane coba share lagi apa fungsi n kelebihan dari perbedaan2 tsb pada tulisan berikutnya.. hehehe

Part2 tsb sudah ane pasang di vario ane sejak 2 minggu lalu dari tulisan ini dibuat..

wpid-photogrid_1409013415938.jpg
Sebelumnya ane memakai pulley racing after market, per cvt racing after market n roller 12 gr  pada vario ane.
Karena penasaran, part2 pcx tsb ane pasang menggantikan part racing sebelumnya, ditambah roller 18 gr ori bawaan vario 125 n per sentri Honda Zoomer X

Dan hasilnya….. wow…
Awalan mantap, tanpa jeda (ngeden), hampir mirip seperti sebelumnya, saat masih memakai pulley aftermarket dengan roller kecil..
Penasaran… coba gas poll standar dua.. hasilnya cuma mentok 124 kpj..  Aaah…cuma naik sedikit dari pulley standar yg bisa 120kpj, n jauh di bawah pulley racing yg sanggup sampai 140 kpj..

Coba gas poll on the road..
0 – 60 kpj…. mantap tenaaan…
60 – 80 kpj.. agak sedikit nahan (udah karakternya vario 125)
80 – 110 kpj… joss !… gampang banget dapet 110 nya
110 – 120 kpj… naik pelan tapi pasti
120 – …. kpj…  treknya dah keburu habis… hahaha…

Kemudian ane coba test ride jarak jauh dengan rute cibinong – bogor – cikidang – pel ratu – ujung genteng, total jarak sekitar 400 km pp, ditemani oleh kawan2 dari HV125OC Bogor.
Perjalanan berlangsung lancar n gak ada hambatan… Jossss…

Bahkan beberapa kali di lokasi lain, vario ane kentut di depan kakak kelas… hehehe…

Dalam beberapa hari ke depan, ane akan kembali mendapat kiriman beberapa part yang lainnya, tunggu aja tgl mainnya, nti akan ane share lagi deh… 🙂

Bonus pict sunset di ujung genteng buat yg udah selesai baca…

wpid-img_20140816_174759.jpg