Masalah gredeg2 saat awal nge gas pd motor Honda PCX n Vario 125/150, sudah menjadi keluhan umum dr para pengguna motor2 tsb.
Gredeg sangat terasa di saat motor br digunakan atau msh dlm keadaan dingin, n terasa cukup mengganggu. Karena getarannya smp terasa di kaki n tangan sang rider.

Setelah diamati lebih lanjut, ternyata salah satu penyebabnya ada di bagian kanvas kopling.
Permukaan kanvas kopling kotor, yg menyebabkan terjadi slip, saat kanvas menempel pada mangkok kopling (OC).

Hal ini bisa diatasi dengan cara membersihkan kanvas tersebut menggunakan amplas.
Cara ini cukup membantu, gredeg pun hilang.
Tapi.. Trik ini gak bertahan lama, krn sktr 2-3 minggu kemudian kambuh lagi.  😦
So.. Mau gak mau harus rutin melakukan trik tsb setiap 2-3 minggu. N akibatnya masa pakai kanvas menjadi lebih pendek, akibat keseringan diamplas.

Ada cara lain untuk mengatasi penyakit ini, yaitu dengan mengganti kanvas bawaannya dengan kanvas relining (pantek).
Tapi, jangan sembarang beli kanvas relining, pilihlah bibit bebet n bobot dari kualitas kanvas, kerapian n sellernya.
Untuk hal ini, ane mempercayakan bro Ikim Miki owner dari RI Matic shop n servis sebagai kolega n supplier workshop ane untuk hal kanvas kopling relining.

Kenapa ane menganjurkan kanvas relining sebagai bahan upgrade ?
Klu kita liat pict di bawah, tampak keliatan bagian kanvas relining lebih panjang dr bawaan motor, n bahannya sedikit lebih kasar.
Secara logika, kanvas lebih panjang akan menapak lebih baik pada mangkok kopling. Sehingga secara tidak langsung akan membuat performa motor menjadi lebih baik… Josss meeen….

image

Bagaimana dengan daya tahan atau masa pakainya ?
Ane dah test pakai kanvas ini sejak Oktober 2015 n masih nemplok di vario ane sampai hari ini.
Test pun gak tanggung2, dalam dua bulan ane melakukan 3 kali touring. Ke bali, ke pacitan, ke jogja. Ini belum termasuk touring2 jarak pendek. 🙂
Semua tanpa kendala.. Amin..

Selain menggunakan kanvas relining, bisa juga dicoba pakai kanvas milik Yamaha Nmax, yg mempunyai panjang kanvas gak jauh beda dgn panjang kanvas relining.
Tapi maaf, belum sempat ane test bagaimana hasilnya.
Next time deh yah..

image

Catatan.
Upgrade kanvas kopling sesuai artikel yg tertulis di atas, tidak membuat gredeg ‘hilang selamanya’. Karena lama kelamaan kanvas akan kotor juga.
Tapi yang pasti, masa nyamannya jauh lebih lama, jadi gak usah rutin 2-3 minggu bongkar bersihin kanvasnya, bisa setiap 1,5 – 2 bulan, sekalian saat servis rutin cvt.

Selamat mencoba n semoga kepingin… 😀