Mungkin ada beberapa pemilik vario 125/150 yg pernah atau sedang mengalami, jarum penunjuk kecepatan/speed pd speedometer mati, tapi seluruh fitur2 lainnya n lampu2 petunjuk masih hidup n berfungsi dengan baik.

Tentu hal ini cukup mengganggu konsentrasi kita saat di jalan.
Karena kita jadi gak tau, berapa kecepatan kita saat itu, sehingga kita jd agak kesulitan mengatur berapa kecepatan motor pada kondisi jalan saat itu.

So… Gak usah kuatir n panik, karena belum tentu speedo masbro yg rusak.
Karena dari 5 motor dengan kasus tsb yg pernah ane tangani, ditemukan ternyata masalah berasal dari putusnya salah satu atau lebih kabel dari sensor kecepatan yg menuju speedomtr ada yg putus.

Nah… Di manakah posisi kabel yg dimaksud tersebut ???

Yuk kita intip…

Terlebih dulu, masbro harus tau di mana letak posisi sensor kecepatannya.
Sensor kecepatan tsb berada di dalam kotak hitam kecil yg diberi tanda merah pada pict di bwh ini.
(Maaf, setelah selesai kerja, br inget klu sensornya blm di foto 😀 )

image

Untuk memudahkan pengerjaan dlm mencari kabel penyebab mslh tsb, terlebih dahulu lepaskan box filter udara dari tempatnya.
Juga buka kotak plastik hitam pelindung sensor kecepatan tadi.

Maka akan keliatan untain kabel yg terbungkus oleh karet hitam yg menjulur mulai dr soket sensor kecepatan, menuju ke bagian depan motor, seperti pada pict di bawah ini.

image

Sobek/belah selongsong karet pembungkus kabel tsb dgn menggunakan gunting.
Catatan :
Gunting lurus memanjang dgn rapi, krn selongsongnya mau dipake lagi.
N hati2 jgn sampai kabel yg di dalamnya ikut tergunting.

Klu selongsong dah berhasil di belah, maka akan keliatan 3 bh kabel berwarna hijau coklat hitam. N dalaman selongsong n kabel2 tsb pasti banyak menumpuk kotoran tanah yg mengering 😀  bersihin aja d pelan2 pake lap basah yah…

Selanjutnya urut ketiga kabel tsb, cari di mana posisi kabel yg rusak/terkelupas/putus, n klu dah ketemu, disambung uang aja kabel yg putus tsb.
Dalam penyambungan harus rapi yah, n disarankan sambungannya dibungkus pake selang/isolasi bakar (di toko elektro banyak yg jual kok) supaya lebih aman.

Tahap terakhir, bungkus kembali kabel2 tsb dengan menggunakan selongsong yg td dibelah, n bungkus dengan memakai isolasi khusus electric, jangan pake isolasi bening yg buat bungkus kado yah… Hehe…

Pict di bawah ini contoh posisi kabel bermasalah pd salah satu motor yg dah berhasil ane tangani, posisinya ada di bagian depan kabel n dah disambung ulang..

image

Catatan :
Artikel ini ane buat berdasarkan hasil pengerjaan pd 5 bh motor yg ‘kebetulan’ posisi kabel yg bermasalah tsb, berada pd posisi yg ditulis pd artikel ini.
Jadi ane berkesimpulan ‘mayoritas’ masalah bersumber pada kabel yg dimaksud pd artikel ini.
So..  Gak tertutup kemungkinan masalah dpt ditemukan pd kabel sejalur, namun pd posisi yg berbeda.