Musim hujan telah tiba, dan tak bisa dihindari lg kalau mau gak mau, motor kesayangan kita akan menerabas jalan di saat hujan turun… basah deh… 😀

Di saat musim kemarau, banyak debu yg berterbangan n menempel pd motor, termasuk masuk ke dalaman saklar motor.

Nah… saat musim ujan, air jg menyusup masuk ke dalam saklar.
Dikarenakan sebelumnya di dalam saklar dah ada debu yg menyusup, maka saat air masuk ke dalam saklar tsb, akan terjadi semacam endapan lumpur di dalam saklar.
Saat endapan lumpur tsb mengering, endapan tsb menutupi lempengan logam media kontak di dalam saklar. Hal ini yg membuat saklar menjadi rusak/tidak dapat mengalirkan listrik lagi.

Tidak usah panik n buru2 cari saklar baru. Karena hal ini dapat disiasati dengan cara menyemprotkan dalaman saklar tsb dengan cairan contact cleaner (merk wd40 atau sejenisnya).

image

Cara/prosedur pengerjaannya sangat mudah.
Cukup semprotkan cairan tsb melalui lubang yg ada di bagian belakang saklar.
Caranya… semprotkan cairan, kemudian goyang tuas saklarnya bbrp kali (utk saklar sein, headlamp n hi/lo). Untuk saklar klakson n electric starter, setelah penyemprotan cairan, tekan knop saklar bbrp kali..
Lakukan penyemprotan beberapa kali, minimal 3 kali penyemprotan, sampai cairan yg meleleh keluar dr saklar tidak kotor lagi.

image

Bila proses penyemprotan telah selesai, tunggu bbrp saat sampai cairan yg membasahi saklar kering, baru selanjutnya saklar dipasang kembali pada tempatnya.

Jgn lupa, semprot jg skun2 yg ada di dalam soket, agar aliran listrik mengalir dgn lancar tanpa menemui hambatan.

image

Selamat mencoba, n semoga sukses.. 😉