Fitur CBS pada matic honda sepertinya sekarang menjadi fitur wajib.
Cara kerja fitur ini sangat cocok n sangat membantu apabila motor digunakan di dalam kota yg mayoritas treknya lurus n mulus.
Namun… bagi sebagian rider yg hobby touring n hobby cornering, fitur tsb agak kurang pas.
Tanya kenapa ? Berikut salah satu contohnya ….
Saat melibas tikungan n pengereman di jalan berpasir, tidak diperlukan pengereman yg kuat pada rem depan, klu gak mau ndlosor.
Krn pada motor cbs, saat tuas rem belakang dibejek, rem depanpun ikut berfungsi jg.

Di sini sy mau membagi trik cara menonaktifkan fitur cbs tsb hanya dengan dana cukup seribu rupiah n tanpa merubah ataupun merusak kondisi/alat yg dah ada.

Caranya gimana ? Yuk kita bahas….

Siapkan 2 buah mur ukuran kunci 14, harga sebuah mur cuma 500 rp 😀
Juga siapkan kawat anti karat sepanjang 20 cm, potong menjadi 4 bagian. Atau bisa juga pakai cable ties 4 buah apabila gak nemu kawat.

Selanjutnya susun/tumpuk ke dua bh mur tsb menjadi satu, kemudian diikat ke empat sisi mur tsb dengan kawat/cable ties.
Mur ini yg kelak akan menjadi alat untuk menahan rem depan tidak ikut tertarik saat rem belakang ditarik.

Kemudian buka cover stang (batok) depan.
Setelah batok depan dilepas, maka akan terlihat sebuah kotak besi di depan handel rem kiri.
Berikut pict kotak yg dimaksud…

image

Selanjutnya kotak tersebut kita namakan modul aja yah, supaya lbh mudah dipahami.

Langkah selanjutnya buka ketiga buah baut yg ada di tutup modul tsb. Selanjutnya buka tutup modul perlahan n geser pelan2. Tutupnya jgn diangkat tinggi2, takut per yg ada di dalam modul loncat/terlepas.
Caranya … dicungkil pake obeng, kemudian geser tutupnya ke samping luar, dengan besi rem tangan sebagai porosnya…

Setelah tutup modul tsb berhasil dibuka, masukan mur yg dah disiapkan td ke dalam modul, dengan posisi spt foto berikut :

image

Hati2 jangan sampai tinggi baut lbh tinggi dr tinggi sisi modul.
Bila diliat fotonya, ada dua buah kabel rem yg keluar dr modul.
Kabel bagian atas utk rem belakang, n kabel bagian bawah utk rem depan…
Apabila handel rem kiri ditarik, maka kedua kabel tsb ketarik semua.
Mur tsb berfungsi untuk menahan kabel rem depan gak ikut ketarik saat handel kiri di tarik. Sehingga mengakibatkan rem depan gak ikut ngerem saat ban belakang ngerem.

Terakhir… tutup kembali modul tsb n pasang kembali 3 buah baut yg tadi dibuka.

Mudah, simpel, murah n gak merusak khan ? Hehe…

Trik ini dah ane coba sejak 3 bulan yg lalu pada 2 mtr vario 125, 2 vario 150 n 1 beat.
Hingga tulisan ini diterbitkan, ke lima mtr tsb gak ada yg bermasalah satupun.

Selamat mencoba n semoga berhasil… (y)