Sebelum memulai membahas, terlebih dahulu ane mau ucapin makasih buat sohib ane, bro inal selalu ceria (member HV125OC Bogor) yg udah percayain workshop sederhana ane buat ganti shock belakang vario pekgo (150) anyarnya.

Sengaja ane bilang asik pada judul di atas, karena klu ane bilang ribet, nti pada takut nyoba…
Jujur aja, ganti sok belakang pada motor matic anyar besutan honda ini emang ribet.. tapi… gak sulit lho… suerrr….

Prosedur pertama.. lepas tuh jok beserta bagasi n behel belakangnya… lanjut buka body belakang.
Ternyata eh ternyata.. buka body belakangnya gak seribet buka body belakang vario 125 lama, krn jumlah bautnya lbh sedikit.

Setelah bagian belakang motor bugil alias telanjang, di sini kita akan liat hal yg berbeda 180 derajat dibanding vario lama. Apa itu ???

image

Ternyata posisi mur menghadap ke dalam, bkn keluar spt lazimnya, n ketutup pula sm tanki. Ribet yah… tapi gak juga kok, keliatannya doang ribet.

Masalah kecil itu sih…
Buka aja tuh 4 baut pemegang tankinya, masing2 ada dua baut di kiri n kanan tanki

image

Tanki gak usah dilepas, cukup diangkat n digeser sedikit aja, asal ada ruang bebas buat buka mur tsb.

Setelah mur berhasil dilepas, lanjut geser keluarin shocknya, tp seblmnya jgn lupa baut pemegang bawah shock dilepas terlebih dulu.
Nah… waktu mau keluarin shock dari as nya, timbul masalah baru, per shock mentok kena spakbor ! Waduh….

Tapi jgn kuatir, buka tuh 4 baut pemegang spakbor belakang.. ada satu di kiri n kanan, n dua di bagian belakang spakbornya.
Klu keempat baut pemegang spakbornya dah dilepas, cukup geser sedikit spakbor ke bawah..
Akhirnya bisa digeser keluar dah tuh shock… horeee…

image

Gampang khan ?
Untuk pemasangan lagi, tinggal ikutin aja langkah2 waktu bongkar2 tadi.. hati2 baut2nya jgn sampe ketuker2… hehe…

Oh yah… satu catatan lagi…
Bosh as shock bagian atas gak dipake, cukup pake karetnya aja, krn as shock pd motor ukuran diameternya lbh besar dr vario yg lama…

image

Wokeh….. selamat.mencoba…
Gak ada hal yg sulit selama kita mau berusaha n mencoba…
Gak nyoba, gak akan tau…
Gak tau, gak akan pinter…