Sudah bukan rahasia umum lg bagaimana kualitas bbm di negri kita… ini gak perlu kita bahas lah yah…

Kualitas bbm berimbas pada kinerja mesin kendaraan kita, dan utk mencegah kotoran atau benda asing dan sejenisnya msk ke ruang pembakaran, maka oleh pabrikan dibuatlah alat penangkalnya, yaitu filter bensin/bbm.

Akibat dari banyaknya jumlah kotoran yg berhasil diserap oleh filter, maka lama kelamaan filter menjadi kotor, dan hal ini mengakibatkan kinerja filter gak maksimal, otomatis kinerja mesinpun jadi gak maksimal juga.

Jadi… alangkah baiknya kita mengganti flter bensin tsb secara berkala (setiap 25rb km), untuk menjaga bensin yg dipompa oleh fuel pump ke ruang bakar menghasilkan bensin yg bersih.

Bensin yg bersih membuat kinerja mesin menjadi sempurna, dan setidaknya membuat bagian2 yg dilewati bensin tsb seperti fuel pump, selang n ruang bakar menjadi lbh bersih n awet, terutama injector yg akan mampu menyemprotkan bensin dgn sempurna, krn gak ada lubangnya yg tersumbat oleh kotoran.

Berikut penampakan  fuel pump n posisinya pada motor vario125 (ada di bawah jok/di atas tanki bensin, dan ketika kunci kontak on, terdengar suara mendenging)..

image

image

Sekarang kita lihat perbandingan filter bensin yg sudah dipakai dengan yg masih baru 🙂

image

Nah… sekarang kita bedah isi perut filter yg udah dipake, seperti apa n ada apa aja sih isinya..

image

Isinya sudah berwarna coklat kehitam2an yah… hasil dari kotoran yg diserap dari bensin yg kita isi n pakai setiap hari…
Dan… klu kita amati lbh seksama, di situ juga terdapat titik2 benda berkilau seperti logam…
Nah… kebayang gak klu logam2 tsb berhasil lolos dari filter dan menyumbat lubang injektor ?

Review…
Setelah ganti filter, vario ane tarikannya jd tambah enteng…
Wiiih…  mantap tenan… bruuuum… wuzzzz… wuzzzz….