Banyak vario 125 lovers yg galau n bertanya, mesin n cvt new vario 125 sama atau berbeda dengan mesin n cvt old vario 125.
Melalui bahasan berikut ini ane mencoba memberikan jawaban atas pertanyaan yg bikin galau para lovers tsb…

Pertama, ane mau coba bedah bagian mesinnya terlebih dahulu.

Berdasarkan data aktual yg ane peroleh dr AHM, mesin kedua motor ini adalah sama.
Keduanya memakai piston berdiameter 52,4 mm, panjang langkah 57,9 mm.
Perbandingan kompresinyapun sama, sebesar 11,0 : 1, dengan daya maks 8,3 kW/8500 rpm dan torsi maksimum 10,8 N.m/5500 rpm.

image

Sekarang mari kita tengok area cvt nya.
Di area cvt ini banyak terjadi perubahan, di mana perubahan tsb mampu membuat new vario 125 mencatat waktu 12,4 detik untuk berlari sejauh 200 meter, vario 125 lawas mencatat waktu 12,8 detik.

Perubahan part apa saja yg membuat new vario 125 ini sedikit berbeda dalam hal performa n akselerasi dibanding pendahulunya ?

Pertama…. pulley depan (face comp dan face drive), diadopsi dr pulley depan new PCX 150 LED

Kedua…. vbelt, juga diadopsi dari vbelt nya new PCX 150 LED, di mana vbelt ini adalah salah satu inovasi baru dari Honda, dengan terdapatnya gigi di luar dalam / atas bawah pada belt

Ketiga… per cvt 133 mm, yang lagi2 diadopsi dari new PCX 150 LED

image

image

Sedangkan pulley belakang (driven face) sama dengan vario sebelumnya.
Juga roller yg sama2 memakai roller dgn berat 18 gr.
Demikian pula halnya dgn per sentrifugal (clutch spring) yg memakai per berkekuatan 2900 rpm.

Bagaimana dengan konsumsi bbmnya ?
Untuk 1 liter bbm, old vario 125 menempuh 55,7 km, sedangkan new vario 125 menempuh 59,5 km.
New vario 125 lebih irit dalam konsumsi bbm.

Untuk vario 125 lovers gak usah galau n kuatir lagi dengan isu akan diskontinunya old vario 125, parts nya semua sama n pnp kok..

Buktinya ?
Sejak 4 bulan yg lalu, si ciput (vario 125 ane) dalaman cvt nya dah memakai dalaman cvt all new vario 125. 🙂

image

Sebagai penutup, ane kenalkan si “ciput”… hehe

image