Setelah puas dan menemukan settingan yg pas pada cvt vario ane (substitusi dengan part cvt all new PCX 150 LED), maka sekarang ane mencoba oprek bagian gear ratio. Karena lagi2 ane dapat hibahan part pcx langsung dr thailand… ehem…
Gak tanggung2, ane dapat satu set lengkap gear ratio tsb, n diberitahu klu part2 tsb PnP langsung pada vario 125, tanpa perlu merubah apapun jg… widiih… mantap gan… Ini sesuai dengan angan2 ane, yaitu punya vario kencang, tanpa ada rubahan apapun jg n memakai part ori pabrikan.. yesss !

Berikut penampakan part2 tsb :

image

Gak pakai lama, langsung bongkaaar..
Pertama2.. copot ban belakang, setelah seblmnya melepas knalpot n swing arm dr motor. N gak lupa melepas terlebih dahulu part2 cvt nya…
Lanjut membuka baut2 pengunci tutup gearbox di dalam case cvt n di bawah shock belakang..
Sebelumnya ane dah mempersiapkan 1 botol oli gardan, untuk mengganti oli gardan yg terbuang. Karena sebelum membuka baut2 pengunci tutup tempat gear box tsb, oli gardan hrs dikeluarkan terlebih dahulu.
Lanjut…. setelah baut2 pengunci berhasil dibuka, tutup gear box tinggal ditarik aja.
Penampakannya seperti ini :

image

Klu dah terbuka gitu, gampang banget, dah tinggal copot satu persatu gear dr tempatnya, diganti sama gear yg baru. Tinggal pasang plek, tanpa menemui kesulitan apa2, asal penempatan model gearnya sesuai dengan posisi awal.

Gear standar vario berjumlah 44 mata, digantikan oleh gear baru yg ternyata 47 mata..
Jadi penasaran, seperti apa yah nti performa n akselerasinya…

image

image

Setelah semua terpasang dgn sempurna, tiba saatnya untuk test drive, ini yg ditunggu2…

Gas awal super enteng…
Coba cari trek lurus yg agak sepi…
Gas poll… dari 0 smp 115 kpj mudah dicapai, tanpa hambatan (catatan, ane pake roller 16 gr n pulley, vbelt, per cvt pake part all new pcx 150).. naiknya speed mantap n cepat..
Top speed mencapai 125 kpj, sebelumnya dicoba gas poll standar 2 masuk 130 kpj, jadi cuma terdapat sedikiiit sekali selisihnya.

N kebetulan minggu lalu ane ikut dlm acara touring ke pantai2 sepanjang pameungpeuk, garut selatan, sejauh 640 km pp, bersama rekan2 dari HV125OC Bogor n Bandung.
Trek yg dilalui sangat menantang n bervariatif. Mulai dari trek lurus panjang, trek berliku, turunan curam, tanjakan terjal.
Semua trek ini dapat dijinakkan dgn mudahnya, tanpa ada gejala mesin overheat, ngeden, slip, ngelitik dsb…

Nah… setingan ini yg selama ini ane angan2kan..
Full standar, kencang, ori pabrikan n bbm tetap irit..
Josss maaan…. (Y)